Judul : Desain Pemodelan Grafis
link : Desain Pemodelan Grafis
Desain Pemodelan Grafis
Kali ini saya akan mencoba menjelaskan desain pemodelan grafik. Sebelumnya kita harus mengetahui apa itu desain, pemodelan dan grafik.
Secara harafiah jika diartikan kata per kata desain permodelan grafik terdiri dari tiga, desain berarti kerangka bentuk atau rancangan, kemudian permodelan yang diambil dari kata dasar model berarti pola dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan dan dapat juga diartikan sebagai barang tiruan yang kecil dengan bentuk persis seperti yang ditiru, dan yang terakhir adalah grafik adapat diartikan sebagai lukisan pasang surut suatu keadaan dengan garis atau gambar.
Gambar komputer juga sering dikenal dengan istilah visualisasi data. Sehingga dapat ditarik definisi bahwa desain pemodelan grafik adalah tata cara membuat/merancang sebuah gambar baik 2D atau 3D yang dimulai dari sebuah titik lalu garis dan garis melengkung yang dibentuk sedemikian hingga menjadi sebuah objek yang bisa bergerak.
Pemodelan grafik yang kita kenal adalah grafik komputer 2D, 3D, pemrosesan citra dan pengenalan pattern. Ternyata desain pemodelan grafik tidak hanyak digunakan dalam memanipulasi gambar dalam hal entertaining ataupun untuk hiburan semata. Akan tetapi desain pemodelan grafik juga digunakan untuk hal-hal seperti dibawah ini :
- Peta Digital
- Kesehatan
- Perancangan Objek
- System Multimedia
- Presentasi Grafik
- Presentasi Saintifik
- Pemrosesan Citra, dan
- Simulasi
Kualitas dari sebuah gambar yang diolah memiliki 2 type yaitu bitmap dan vektor.
VEKTOR.
Vektor adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vector. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar. Pada gambar vector, apabila di perbesar maka gambar tersebut tidak akan pecah. Hal ini dikarenakan gambar vektor menggabungkan titik dan garis untuk menjadi sebuah obyek, sehingga gambar tidak akan pecah biarpun diperbesar atau diperkecil.
BITMAP
Bitmap adalah representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer. Bitmap merupakan kategori grafis kaya warna dan terseusun dari pixel-pixel yang kita sebut sebagai resolusi. File gambar dengan resolusi lebih jernih maka memiliki ukuran file yang jauh lebih besar juga.
Kelebihan dan Kekurangan Vektor dan Bitmap
Vektor
Kelebihan grafis vektor
- Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien
- objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya
- Dapat dicetak pada resolusi tertinggi printer anda
- Mengambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan
Kekurangna grafis vektor
- Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap
Bitmap
Kelebihan grafis bitmap
- dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan
- dapat menghasilkan objek bitmap dari objek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat dtentukan.
Kekurangan grafis bitmap
- objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar
- efek yang didapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah
Sumber :
- http://goo.gl/XwcQx
- http://goo.gl/4yCRZ
Demikianlah Artikel Desain Pemodelan Grafis
Sekianlah artikel Desain Pemodelan Grafis kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Desain Pemodelan Grafis dengan alamat link http://satrya-blog.blogspot.com/2013/01/desain-pemodelan-grafis.html
0 Response to "Desain Pemodelan Grafis"
Posting Komentar